What's Your Number? Check This Out

Sabtu, 23 Juni 2012

tugas Ku: Soal Biologi Umum


TUGAS BIOLOGI UMUM

Nama   : Diana Putri Hapsari
NIM    : M0410018
Jurusan: Biologi 2010

Soal:
1.      Jelaskan bagaimana menurut saudara bahwa biologi mempunyai hubungan dengan ilmu-ilmu lain yang mempunyai prospek baik di bidang pertanian maupun bidang kesehatan! Jelaskan ilmu-ilmu baru yang terbentuk hubungan dengan biologi dan prospek untuk mengatasi masalah khususnya:
a)      Tentang kelaparan di dunia,
b)      Dan untuk mengatasi wabah penyakit.
2.      Sebut dan jelaskan bagaimana metode ilmiah dibangun dan disusun serta sikap ilmiah apa yang harus kita kembangkan?

Jawaban:
1.      Awalnya ilmu biologi hanya mempelajari seluk beluk makhluk hidup yang ada di muka bumi ini, namun dengan berkembangnya ilmu pengetahuan yang ada dan semakin majunya zaman globalisasi, maka ilmu biologi pun harus serta merta melaju bersama zaman yang tidak akan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Maka dari itu banyak orang yang memanfaatkan ilmu biologi dengan ilmu-ilmu yang lainnya. Seperti dibidang pertanian, tidak sedikit pengaruh ilmu biologi dalam bidang pertanian, misalnya cara menghasilkan bibit-bibit unggul. Tidak semua kan tanaman sesuai harapan yang kita inginkan, contohnya ada yang buahnya manis tapi berbentuk kecil atau pun tanaman yang buahnya besar tapi asam rasanya. Jadi, apakah untuk menghasilkan bibit-bibit unggul langsung dengan spontannya ?! Namun harus melewati penelitian dan pengamatan sehingga dapat menghasilkan bibit-bibit unggul yang kita harapkan. Tak ada salahnya ilmu lain berpadu dengan biologi, karena dengan begitu akan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan, masyarakat, pemerintahan dan lain-lain. Pemeritahan?! Ya, karena hasil-hasil penemuan yang sangat dibutuhkan oleh dunia dapat dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mengembangkan penemuan tersebut agar menjadi produksi besar, sehingga dapat menyebar merata di dunia, serta dampak positif yang dapat diperoleh oleh pemerintahan adalah semakin berkembangnya suatu negara, negara tersebut akan menjadi negara maju dan seperti negara-negara besar yang ada. Dalam bidang kesehatan pun biologi sangat berperan penting, karena dengan biologi banyak ditemukannya tanaman obat yang sangat berkhasiat menyembuhkan suatu penyakit sehingga dapat di ekstrakkan dalam berbagai bentuk sehingga dapat dikonsumsi oleh manusia dengan aman. Bukan hanya tanaman obat saja, tapi dengan biologi dapat juga mendeteksi berbagai penyakit maupun mendapati penyakit baru yang perlu banyak dilakukan penelitian agar dapat menemukan obat untuk menyembuhkan.
      Banyak ilmu-ilmu lain yang dapat bersatu padu dengan ilmu biologi, namun ilmu-ilmu apa saja yang dapat mengatasi masalah yang kerap kali menggelitik telinga kita bagi yang berkecukupan, yaitu tentang kelaparan dunia. Menurut saya ilmu yang berhubungan dengan biologi dan dapat mengatasi masalah tersebut adalah bioteknologi hijau atau green biotechnology. Karena dengan ilmu itu dapat menciptakan tanaman tahan hama sehingga hasil panen semakin bertambah tanpa pengurangan dari tanaman yang terserang hama. Selain itu dapat pula meningkatkan gizi dalam suatu tanaman dengan bioteknologi, jadi walaupun hanya mengonsumsi sedikit makanan tapi gizi yang dibutuhkan sudah mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan.
      Ilmu lain yang dapat mengatasi masalah kedua yaitu untuk mengatasi wabah penyakit. Biokimia menurut saya adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, karena dengan gabungan kedua ilmu itu dapat menghasilkan penawar penyakit yang akhir-akhir ini semakin bermacam-macam. Dengan ilmu biologi dapat menemukan tanaman yang mempunyai manfaat yang lebih, lalu dapat diproses dengan ilmu kimia yang nanti dapat berbentuk obat siap minum.
2.      Metode ilmiah mempunyai urutan sebagai berikut:
a)      Menentukan masalah
Tanpa adanya permasalahan tidak mungkin dapat melakukan metode ilmiah, sehingga sangat diperlukan masalah.
b)      Mengumpulkan data
Setelah didapati masalah yang ada, lalu mulai mengumpulkan data-data tentang masalah yang ada atau pun mengamati sekitar lingkungan yang terdapat masalah tersebut.
c)      Merumuskan masalah
Dalam merumuskan masalah, berbentuk pertanyaan  seputar masalah yang ditemukan.
d)     Membuat hipotesis
Hipotesis ini berupa jawaban sementara dari rumusan masalah.
e)      Membuat prediksi
Prediksi tersebut mungkin dapat meramalkan hasil eksperimen yang akan dilakukan. Prediksi tersebut harus belum mengetahui hasil sebenarnya dari eksperimen tersebut, karena hanya dengan itu dapat menambah probabilitas dari suatu hasil eksperimen tersebut benar. Jika hasil dari suatu eksperimen tersebut telah diketahui maka itu disebut konsekuensi dan seharusnya sudah diperhitungkan saat membuat prediksi. Hipotesis dapat diuji kebenarannya setelah dibuat prediksi
f)       Melakukan eksperimen
Setelah membuat hipotesis, maka sudah siap untuk melakukan eksperimen. Dalam melakukan eksperimen hendaknya mengetahui seluruh rangkaian kegiatan dan alat-alat yang akan digunakan, agar tidak ada kesalahan yang dapat mengubah hasil eksperimen yang sesungguhnya. Dan jangan acuhkan pula faktor-faktor yang tidak diperhitungkan sebelumnya dalam melakukan eksperimen. Hendaknya melakukan eksperimen dalam suatu lingkungan yang mudah dikontrol dengan baik. Jangan lupa pula buat catatan perubahan-perubahan yang terjadi pada setiap rangkaian eksperimen.
g)      Menyimpulkan data
Setelah eksperimen selesai dilakukan, amati dahulu catatan yang telah dibuat saat eksperimen. Lalu buat kesimpulan dengan menggunakan data yang didapat saat eksperimen berlangsung.
h)      Mengulangi eksperimen atau evaluasi
Setelah membuat kesimpulan jangan langsung menerimanya saja, tapi kita harus mencoba eksperimen tersebut beberapa kali agar hasil yang didapat sudah pasti dan tidak terdapat kekeliruan dalam pembuatan kesimpulan.
Menurut saya, sikap ilmiah yang dikembangkan adalah semuanya, karena semua sikap ilmiah tersebut bersifat baik untuk diri kita masing-masing. Misalnya, sikap ingin tahu, sikap tersebut dapat berkembang terus dan bisa saja dengan sikap tersebut kita dapat menemukan hal-hal baru yang tidak hanya bermanfaat bagi kita namun juga masyarakat banyak. Sikap kritis, sikap ini dapat menghindarkan kita dari pikiran-pikiran takhayul yang banyak merebak di kalangan masyarakat sekitar, namun jika telah dipaparkan bukti-bukti yang mempertegas hal tersebut, kita pun harus mau mengubah pemikiran kita. Sikap objektif dapat menjauhkan diri kita dari sifat egois yang tidak mau membuka pikiran kita dengan pendapat orang lain yang masuk. Sikap ingin menemukan mampu menumbuhkan sikap selalu berpendapat dalam suatu aktivitas yang berhubungan. Sikap menghargai karya orang lain ini dapat menghindarkan kita dari sifat sombong dan dapat pula menimbulkan sifat toleransi dalam berkarya. Sikap tekun, namun jika sikap tekun tersebut tidak ditunjang dengan sikap objektif  dan sikap yang lainnya akan sama saja. Maka dari itu pendapat saya tentang sikap ilmiah apa yang harus dikembangkan haruslah berjalan secara beriringan agar terdapat keseimbangan dalam hidup.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar