What's Your Number? Check This Out

Minggu, 24 Juni 2012

Tugas Ku: Aplikasi Tanah dalam kehidupan (Lingkungan Non Biotik)


                                                                                     Nama  : Diana Putri Hapsari
                                                                                     NIM   : M0410018

Aplikasi Tanah dalam Kehidupan
            Tanah merupakan lapisan terluar dari permukaan bumi, yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah bukan hanya berupa lapisan yang begitu saja tidak tergunakan atau pun tidak bermanfaat, namun sebenarnya tanah bagi kehidupan sangatlah berguna. Aplikasi tanah yang selama ini diketahui antara lain adalah:
1.      Untuk tanah yang berpotensial dalam hal mineral dan bahan organik lainnya banyak digunakan untuk media penanaman dan untuk perkebunan. Tanah digunakan untuk pertanian maupun perkebunan merupakan aplikasi yang pertama ditemukan sejak zaman prasejara. Yaitu dengan metode bercocok tanamnya manusia purba dengan menggunkan benda-benda yang sederhana.
2.      Sedangkan untuk tanah yang berpotensial dalam segi ekonomi dapat diaplikasikan sebagai lokasi industri, lokasi perdagangan, lokasi pertambangan. Dari lokasi industri dapat di hasilkan hasil produksi yang akhirnya akan dipasarkan, lokasi perdagangan merupakan tempat terjadinya jual beli, dan lokasi pertambangan akan menghasilkan barang-barang tambang yang nilai jualnya tidak sedikit.
3.      Tanah untuk medukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan unsur-unsur hara, air, peredaran udara sekaligus untuk penopang akar. Di dalam tanah tentu banyak mengandung bahan organik dan mineral yang dibutuhkan oleh makhluk hidup terutama tumbuhan. Karena akar dari tumbuhan mennembus permukaan tanah sehingga agar tetap hidup, tumbuhan tersebut menyerap mineral maupun unsur hara dan air mengunakan akarnya yang menopangnya.
4.      Tempat untuk mendirikan bangunan, sarana, prasarana, fasilitas-fasilitas sosial, maupun tempat hiburan. Jika tanah tak ada dan tidak adanya gravitasi bumi, maka bangunan atau yang lainnya dibangun diudara dan karena udara tidak statis di tempat, bisa saja bangunan yang kita buat hancur saat pengerjaan atau terbawa angin seperti keadaan di luar angkasa.
5.      Sebagai tempat tumbuhnya vegetasi-vegetasi yang berguna bagi kehidupan.
6.      Mengandung barang-barang tambang yang sangat bernilai jika dinilai secara ekonomi, misalnya emas, besi, nikel dan lain-lain. Barang-barang tambang dapat terbentuk karena suatu proses yang terjadi didalam tanah dengan bantuan mikroorganisme dan mineral serta bahan-bahan orgnaik lain yang dapat membantu pengerjaannya.
7.      Tempat berkembangnya hewan-hewan di permukaan bumi.
8.      Sejatinya tanah merupakan tempat tinggal, tempat berpijak, dan tempat melakukan semua yang dilakukan oleh makhluk hidup.
Dalam segi industri, manfaat tanah dapat dibedakan menjadi yang digunakan secara terbaharukan, secara statik, dan secara konsumtif. Pertama, tanah yag digunakan secara terbaharukan sangatlah penting dibandingkan manfaat-manfaat tanah yang lain, walaupun manfaat tanah yang lain juga dibutuhkan oleh makhluk hidup lain. Dianggap sangat penting karena dapat menghasilkan berbagai barang ataupun bahan sehingga dapat digunakan untuk membuka peluang usaha yang baru dan dapat digunakan secara berkala walaupun sering digunakan. Kedua, tanah digunakan secara statik adalah menurut jenis manfaat tanah ini atas luasnya. Yang tremauk didalamnya antara lain pembuatan jalan, gedung dan lain-lain. Yang ketiga, tanah digunakan secara konsumtif atau tanah tidak dapat diperbaharukan adalah sebagai bahan mentah dari suatu produk industri. Contohnya industri batu bata, genting, tembikar dan lain sebagainya yang menggunakan bahan baku tanah. Namun tanah yang digunakan yang tak dapat terbaharukan mempunyai dampak-dampak negatif antara lain, semakin berkurangnya volume tanah, sehingga terjadi penipisan lapisan bumi, ini juga dapat berdampak berkurangnya pula lahan yang dapat digunakan untuk pertanian sehingga pula membuat tanah tidak produktif dan kritis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar