What's Your Number? Check This Out

Minggu, 24 Juni 2012

tugas Ku: Selaput Dara (Struktur Perkembangan Hewan)


Nama   : Diana Putri Hapsari
NIM    : M0410018
Matkul : SPH 1

Selaput Dara
            Selaput dara atau hymen merupakan lipatan yang menutup sebagian luar vagina. Jenis dari selaput menurut bantuknya antara lain annular, septate, cibriform, introitus. Namun pada umumnya bentuk selaput dara adalah sabit. Setelah seorang wanita melahirkan, selaput dara yang tertinggal disebut carunculae myrtiformes. Fungsi anatomi tidak dimiliki oleh selaput dara, namun biasanya selaput dara merupakan pertanda keperawanan seorang wanita. Selaput dara biasanya terjadi pendarahan saat pertama kali melakukan sanggama. Di saat seorang wanita mencapai usia pubertas, selaput dara menjadi elastis. Selain bentuk dari selaput dara yang berbeda, derajat kelembutan, fleksibilitas selaput dan bentuk lubang atau pori. Bentuk selaput dara dengan bentuk annular yang wujudnya sangat tipis, maka kemungkinan besar ia tidak akan mengalami pendarahan sama sekali pada saat hubungan seks. Dengan fakta ini pula, sebagian dari mitos tentang darah keperawanan sebenarnya dapat diluruskan. Selain jenis yang tipis dan berlubang, ada pula wanita yang sebagian selaputnya tidak memiliki lubang sama sekali atau juga disebut impervorate hymen. Jenis dari selaput dara ini terjadi karena suatu kelainan genetika dan seorang wanita biasanya akan kesulitan memasuki masa menstruasi, padahal ia sebenarnya haid tapi darahnya tertahan di dalam vagina dan bisa menimbulkan tumor.
            Setelah seorang perempuan mengalami menstruasi yang pertama kali, lubang pada selaput dara dapat bertambah lebar. Namun selaput dara yang sudah robek atau terkoyak tidak dapat dikembalikan menjadi utuh seperti semula karena selaput dara sangat tipis dan tidak adanya pembuluh darah. Jadi memperbaiki selaput dara hanya untuk memulihkan trauma mental dan psikologis pasien saja. Deskripsi tipe hymen berdasarkan bentuknya yaitu:
  1. Annular hymen : selaput melingkari lubang vagina
  2. Septate hymen : selaput yang ditandai dengan beberapa lubang yang terbuka
  3. Cibriform hymen : selaput ini juga ditandai dengan beberapa lubang, tapi lebih kecil dan jumlahnya lebih banyak
  4. Introitus : selaput yang mempunyai lubang yang besar biasanya pada wanita yang sangat berpengalaman dalam berhubungan seksual, namun masih menyisakan jaringan selaput dara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar