What's Your Number? Check This Out

Senin, 25 Juni 2012

Tugas Ku: Remediasi UKD I Taksonomi Tumbuhan


Nama   : Diana Putri Hapsari                                                   30 Desember 2011
NIM    : M0410018
Remediasi UKD 1 Taksonomi Tumbuhan
1.      Jelaskan hubungan ilmu taksonomi dengan cabang-cabang ilmu Biologi yang lain!
Hubungan ilmu taksonomi dengan cabang-cabang ilmu Biologi lainnya:
a.       Ilmu Taksonomi merupakan salah satu ilmu yang pertama kali dibangun pada awal peradaban dan mempelopori perkembangan cabang-cabang ilmu Biologi lainnya.
b.      Awal perkembangan ilmu Taksonomi, sebenarnya hampir Biologi disamakan dengan ilmu Taksonomi , karena mengingat bahwa ruang lingkup dari ilmu Taksonomi terbatas pada pencirian dan penamaan pada hewan maupun tumbuhan.
c.       Data yang diperoleh pada cabang-cabang ilmu Biologi lain dapat digunakan untuk Taksonomi, namun ilmu-ilmu lain tidak akan mungkin berkembang dengan bantuan Taksonomi.
d.      Identitas obyek penelitian >> ditentukan lewat pendekatan Taksonomi >> jika meragukan >> nilai suatu penelitian akan merosot
e.       Ilmu Taksonomi merupakan sumber masalah ilmiah yang perlu dipecahkan secara bersama-sama dari berbagai macam segi dan pendekatan melalui cabang ilmu Biologi lainnya.
f.       Ilmu Taksonomi tidak hanya memiliki kepentingan praktis yang selalu diterapkan oleh orang setiap harinya.
2.      Jelaskan prinsip dasar klasifikasi makhluk hidup!
Prinsip dasar klasifikasi makhluk hidup yaitu diperlukannya penggolongan ataupun pengelompokkan makhluk hidup yang didasarkan pada ciri-ciri yang dimiliki untuk dapat mudah mengenali dan mempelajari makhluk hidup yang beraneka ragam. Kegiatan klasifikasi juga didasarkan pada persamaan dan perbedaan ciri-ciri makhluk hidup yang secara genetika bersifat mantap sehingga faktor lingkungan tidak banyak mempengaruhi hasil pengelompokkan tersebut.  Organisme yang memiliki ciri yang sama akan dimasukkan ke dalam takson yang sama, sedangkan organisme yang cirinya berbeda akan dipisahkan dengan organisme yang berlainan. Peletakkan organisme ke dalam suatu taksa diurutkan sesuai jenjang tingkatannya. Penentuannya dari tingkat yang lebih tinggi ke tingkat yang lebih rendah. Penentuan tingkat takson bergantung pada besar kecilnya derajad kesamaan ciri yang dimiliki komponen di bawahnya. Jika ciri-ciri tertentu terlihat pada suatu golongan makhluk dalam jumlah besar, maka golongan tersebut diberi peringkat takson yang tinggi (ciri sintesis). Pada golongan-golongan yang besar tadi dapat diketahui kelompok yang lebih kecil yang berbeda satu dengan yang lain berdasarkan adanya ciri yang lebih kecil derajat perbedaan yang ada, maka kelompok ini diberi peringkat yang lebih rendah.
3.      Jelaskan mengapa begitu banyak dijumpai sistem klasifikasi makhluk hidup!
Untuk mengklasifikasikan makhluk hidup menggunakan kriteria atau dasar tertentu, yaitu persamaan ciri atau sifat morfologi, fisiologi dan anatomi yang terdapat pada makhluk hidup. Sistem klasifikasi makhluk hidup terus berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya Taksonomi.

4.      Sebutkan dan jelaskan 3 karakteristik nama ilmiah!
a.       Unik: setiap nama ilmiah akan hanya mengacu pada satu macam kelompok organisme saja atau satu nama ilmiah hanya untuk satu takson saja, sehingga tidak akan ada satu nama ilmiah dengan lebih dari satu takson.
b.      Universal: nama ilmiah tersebut dapat dipakai dan dipahami secara luas, serta dapai diinterpretasikan pada organisme yang sama di mana saja.
c.       Stabil: nama-nama ilmiah tidak mudah berubah-ubah sehingga tidak menimbulkan kesulitan dalam pemakaian nama ilmiah tersebut pada waktu dan tempat yang berbeda.
5.      Jelaskan tata cara penulisan nama familia (suku) berdasarkan KITT!
Tata cara penulisan nama familia (suku) berdasarkan KITT:
a.       Nama-nama tumbuhan pada suku maupun  familia ditentukan dari salah satu marga yang dibawahi dan dipilih sebagai tipe tata namanya, dimana tata nama adalah unsur suatu takson yang dikaitkan secara abadi dengan nama yang diberikan kepada takson tersebut
b.      Akhiran diberi akhiran –aceae
c.       Namun ada pula nama taksa yang tidak mengikuti aturan ini (menggunakan akhiran -aceae), tapi tetap dipertahankan dan dipakai
6.      Golongan makhluk hidup mana yang layak dipertimbangkan sebagai nenek moyang tumbuhan daratan? Jelaskan perkembangan evolusioner terbentuknya tumbuhan daratan!
Makhluk hidup yang diperkirakan menjadi nenek moyang tumbuhan daratan adalah green algae atau alga hijau. Peneliti menyebutkan bahwa alga hijau disebut juga dengan Charophyceans sebagai kerabat dekat dari tumbuhan darat. Perkembangan evolusioner terbentuknya tumbuhan daratan adalah:
a.       Cyanobacteria merupakan sel hidup pertama yang mendiami daratan
b.      Setelahnya alga hijau dan jamur (fungi) bersama-sama mendiami daratan pula
c.       Alga hijau dan fungi muncul pada 1 milyar tahun lalu
d.      Alga hijau mengawali untuk semua tumbuhan
e.       Alga fotosintetis mulai memproduksi oksigen sekitar 600 juta tahun yang lalu
f.       Tumbuhan daratan mulai tumbuh sekitar 400 juta tahun yang lalu
g.      Tumbuhan berbiji pertama kali ada pada 350 juta tahun yang lalu, yaitu paku berbiji (punah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar